Senin, 22 Desember 2014

10 Tempat paling tercemar di dunia

Sungai Citarum dan Kalimantan 10 Tempat Paling Tercemar di Dunia

Sungai Citarum dan pulau Kalimantan masuk dalam daftar 10 tempat yang paling tercemar di dunia. Daftar kesepuluh tempat yang paling tercemar akibat polutan ini dirilis oleh Blacksmith Institute dan Green Cross Swiss. 10 tempat paling tercemar, termasuk Sungai Citarum dan Pulau Kalimantan tersebut, dipublikasikan dalamhttp://www.worstpolluted.org, 4 November silam dalam sebuah laporan berjudul “Top Ten Toxic Threats in 2013: Cleanup, Progress, and Ongoing Challenges“.
Sungai Citarum. Sungai Citarum (Ci Tarum), merupakan sungai terpanjang dan terbesar di Jawa Barat. Panjang alur sungainya mencapai lebih dari 300 km.  Berdasarkan investigasi yang dilakukan oleh Blacksmith Institute, sungai Citarum banyak tercemar oleh bahan kimia mulai dari timah, kadmium, kromium, dan pestisida yang bersumber dari limbah industri maupun rumah tangga. Kadar polutan ini jauh melebih ambang aman bagi manusia dan lingkungan, seperti:
  • Kadar timbal 1.000 kali lebih lebih tinggi dari standar air minum USEPA.
  • Konsentrasi mangan empat kali lipat lebih tinggi dibanding ambang aman.
  • Konsentrasi aluminium mencapai 97 ppb (ambang aman adalah 32 ppb), dan kandungan besi di sungai mencapai 194 ppb (ambang aman adalah 66 ppb).
Padahal setidaknya 5 juta penduduk di sepanjang aliran sungai ini mengandalkan air sungai untuk memenuhi berbagai kebutuhan sehari-sehari.
Sebelumnya, pada Agustus 2010, situs huffingtonpost.com (Amerika Serikat) punmenganugerahi Sungai Citarum sebagai salah satu dari sembilan sungai paling tercemar di dunia. Dan oleh pemerintah (2009) Citarum pun termasuk salah satu diantara 13 sungai dengan tingkat kerusakan Daerah Aliran Sungai tertinggi di Indonesia, sebagai mana pernah saya tulis dalam artikel Kerusakan Sungai dan Daerah Aliran Sungai di Indonesia.
Pulau Kalimantan. Pulau kalimantan menjadi tempat lainnya dengan tingkat polutan tertinggi di dunia. Salah satu pulau terbesar di Indonesia ini ditasbihkan sebagai salah satu dari “Top Ten Toxic Threats in 2013” lantaran tingginya kadar merkuri dan kadnium akibat proses penambangan yang marak di sana. The United Nations Industrial Development Organization (UNIDO) memperkirakan sedikitnya 1.000 ton merkuri dilepaskan setiap tahunnya.
Top 10 Toxic Threats 2013
Top 10 Toxic Threats 2013
Tempat-tempat Paling Tercemar Lainnya. Selain Sungai Citarum dan pulau Kalimantan tersebut, 8 tempat lainnya yang dinobatkan sebagai “Top Ten Toxic Threats  2013” oleh Blacksmith Institute dan Green Cross Swiss adalah:
  • Agbogbloshie, Ghana
  • Chernobyl, Ukraine
  • Dzershinsk, Russia
  • Hazaribagh, Bangladesh
  • Kabwe, Zambia
  • Matanza Riachuelo, Argentina
  • Niger River Delta, Nigeria
  • Norilsk, Russia
Menanggapi daftar 10 tempat paling tercemar di dunia versi Blacksmith Institute dan Green Cross Swiss ini kita musti lapang dada. Dengan dua tempat di Indonesia (Sungai Tarum dan Pulau Kalimantan) dalam daftarnya haruslah membuat kita sadar kerusakan alam tersebut kita sendiri lah yang membuatnya dan kita sendirilah yang bakal merasakan dampaknya. Karena itu sudah seharusnya kita sendirilah yang berusaha memperbaikinya.
sumber : http://alamendah.org/2013/11/07/sungai-citarum-dan-kalimantan-10-tempat-paling-tercemar-di-dunia/

1 komentar:

  1. infonya bagus, bisa membuka mata kita semua mengenai fenomena sampah yang sudah mengkhawatirkan, jadi bisa menggugah kepedulian kita,, like it :)

    BalasHapus